Rabu, 27 April 2011

Hati-Hati Modus Penipuan COD


Selamat Membaca

Beberapa pihak berpendapat untuk bertransaksi online tidak ada yang lebih baik selain Cash On Delivery (COD) atau sistem jual beli dengan bertemu muka, cek kondisi barang dan kelengkapan, nego, lalu bayar. Namun apakah sistem ini adalah yang terbaik atau teraman saat ini ?
Baru baru ini salah seorang seller di Forum Jual Beli Kaskus mendapatkan pengalaman yang sangat berharga mengenai sistem COD yang dimanfaatkan oleh orang orang yang tidak bertanggung jawab untuk melancarkan aksi kriminalnya.
Sebenernya sih , artikel ini bukan untuk para konsumen , melainkan untuk para penjual barang online !!
tapi untuk pengetahuan , silahkan monggo di baca !
:)
Berikut kesaksian dari bro embikus - seller FJB :
SHARE: hati-hati penipuan dengan menuduh korban “sang pencuri”

boleh ga sih share cerita, takut dimarahin momod
kisah dibawah ini adalah pengalaman paling mendebarkan dan paling berharga buat gue,
gue
sang penjual HP di KASKUS….
kebetulan saat itu gue punya stok 2 E63 dan 1 N79, gue ingin jual cepet aja soalnya rada males nampung barang lama-lama. ntar seret…
akhirnya gue iklan kan ini produk di KASKUS (buka thread dan PM-in org 1 per 1 tapi cuma ke org yg berminat jg bukan ngasal PM-in), di YM, di Facebook dan satu lagi di website dagang gue…
tiba-tiba ada SMS masuk dari no Simpati (gue masih belum tau ini kaskuser atau bukan, kemungkinan besar iya).
dia bilang dia tertarik dan mau ambil 2 unit E63 gue sekaligus,
dengan senang hati gue tanggepin semua SMS dia, kemana pun gue jabanin dah…
awalnya dia mau langsung ke rumah gue,
gue sempet bingung, rumah dia di daerah SLIPI mau bela2in sampe ke rumah gue…
gue nolak takut rumah gue kenapa-kenapa…
setelah pembicaraan panjang akhirnya sepakat di Citos…
dia nanya2, “km bawa motor?”
“bawa”
ga penting…
nah, sekitar jam setengah sembilan, gue berangkat dari rumah menuju TKP.
seperti biasa nyanyi-nyanyi sambil nyetir motor,
sampe citos… ke parkiran… parkirin motor dan …
ketemu lah gue sama itu Arab!
dia ternyata org keturunan Arab, ntah Arab atau India…
kenalan,
“febian”
“faiz”
setelah kenalan kita cari tempat, dan akhirnya di Musola karena terang dan bisa dibilang aman karena banyak sekuriti dan orang-orang di musola…
duduk..
gue keluarin HP NOKIA E63 gue yang biru dulu…
“ini diliat dulu, yang merah juga saya bawa tapi masih dimotor”
“oh ya diambil aja biar sekalian”, kata dia sambil megang E63 gw.
“oke oke tunggu”
“iya saya disini”
“maaf, boleh saya pegang dulu E63nya?”
“oh oke”, dia kasih E63nya ke gue…
kucluk kucluk kucluk akhirnya E63 red gue kasih juga ke dia…
seperti buyer2 lain, yang suka ngotak ngatik HP lama…
saat itu gue seneng banget karena “akhirnya E63 gue kejual juga”,
“gue cek-cek dulu ya, ga cepet2 kan”, kata dia
“oh santai aja”
….

lama…

“saya liat kelengkapannya ya?”
“oh silahkan, ini fulset kok semuanya”, sambil gue bantu oprek2…
….
..


“oke”, kata dia
deg.. gue udah seneng…
tangannya masuk ke tas dan…..
dia ngasih gue sepucuk surat…
gue udah mulai khawatir nih, pasti ada yang ga beres…
“baca itu!”, kata dia.
gue buka lembarannya,
gue ga sempet baca semua yang jelas surat itu semacam surat kehilangan 2 HP E63 gt…
gue panik dan spontan gue marah dong,
gue lempar kertas itu ke dia dan tarik HP gue…
tapi dia tetep nahan dan ngancem gue “jangan macem2 lo! lo nyuri HP-HP ini dr kosan temen gue kan”
“lah ga bisa begitu dong atas dasar apa lo bilang gue nyuri HP temen lo?”,
“klo lo ga nyuri, lo besok ke polres Jakarta Barat dan bawa surat itu”, suruh dia.
karena gue bukan orang tolol dan bukan orang pengecut akhirnya gue minta pertolongan orang-orang sekitar…
gue berdua langsung dikerubungin beberapa orang sekitar situ. termasuk satpam… tapi gue panik banget, enak aja usaha gue berbulan-bulan mau ilang begitu aja karena ni maling…
sambil tangan gue berusaha ngerebut box HP gue, gue telp bokap dan tu orang malah marah, “MAU NELPON SIAPA LO?!” dan ngedamprat HP gue sampe jatoh, bercerai berai, Hp dan batrenya kepisah…
gue langsung ambil n gue pasang lagi, untuk masih bisa nyala HP gue…
gue langsung telp papa, “PAH MBI DITUDUH NYURI, BISA TOLONG KELUARIN ANAK BUAH PAPA GA?!”
“HAH DIMANA KAMU SKRG<>
gue diamanin di pos sekuriti aparment citos…
tu orang masih aja jago ngomongnya dengan jalan pikiran dia, dia cerita ke satpam2nya
“jadi gini pa, ini anak kemaren nginep di kosan temen saya, paginya ni anak udah ilang dan 2 hp E63 ini juga ilang, saya curiga dia yang ngambil”
“liat aja lo ntar”, gue senyum picik
“tunjukin bonnya klu emang ini HP lo?”
“santai aja, tunggu bokap gue”
……………..
“”jangan mentang-mentang gue baru 19thn, terus mau aja ditakut-takutin sama lo”" <– dalam hati
dia masih ngoceh sok-sok curhat sama satpam2, tapi gue bilang “udah ga usah didenger, pinter banget dia ngomongnya”.
gue nunjukin bukti2 yang sementara gue punya kaya website www.saynotomahal.co.cc dan lain-lain…
terus setelah lama nunggu dan sakit perut, akhirnya bokap gue dateng…
dari kejauhan dia dan anak buahnya tereak, “FEBIAN MANA?!”
“MANA YANG NUDUH KAMU NYURI HP?!”
bokap gue terlalu emosi dan langsung mau nyerang tu arab,
tapi untung dipisahin sama anak buahnya dan gue jg mencoba misahin, jangan sampe papa colapse karena darah tinggi…
bokap gue bawa bon bukti klu itu bener2 HP gue dan bukan curian…
saksi mata semua ngeliat dan cocok dengan IMEI HP gue…
“ini udah jelas, sekarang lo mau apa?”
dia jawab dengan santai, “ya sudah, saya cuma mau bukti aja… sekarang kelar”
“GA BISA BEGITU, ANDA UDAH NUDUH ANAK INI NYURI DAN ANDA UDAH MAU BAWA HAPENYA TADI ANDA HARUS NERIMA KONSEKUENSINYA”, gertak anak buah bokap.
“ngga tadi, saya niatnya bawa anak ini juga, bukan HPnya aja, saya sumpah”
terus ga lama, kakak paling tua gue dateng, adin. beda dengan bokap, dia dateng dengan cool dan langsung bicara baik-baik dengan tuh arab…
gue ga tau apa yang mereka bicarain, gue lebih banyak diem dan megang bukti yang gue punya aja…
setelah lama, akhirnya tuh arab udah terpojok,
semua kata-katanya ketauan nipu semua…
karena dia terus ngomong, akhirnya nambah perkara
sekarang semua data dia diminta sama bokap…
dalam penggeledahan itu ketauan banyak bukti yang menyudutkan dia, selain ttg HP gue
-motor dia ga ada plat belakang
-STNK bukan punya dia, katanya punya temennya
-ktp daerah (padahal bilang udah 5 tahun di Jakarta)
-bilang asal Aceh tapi ga bisa diajak ngobrol Aceh, bahkan ga tau Acehnya tepatnya dimana
-menyangkal bukan orang Aceh tiba-tiba ngaku orang Medan
-kartu kredit dia jg dipermasalah (gue ga ngerti masalah apa karena ga tau apa2 ttg kartu kredit)
gue ngomong, “lo klu mau ngurusin gue yang kata lo ‘pencuri’ dari awal, kenapa lo ga bawa temen lo yang HPnya kecurian, kenapa mesti lo yang pusing? panggil dia skrg kesini”
“hape nya mati bla bla bla…”
“suruh dia bawa bon pembeliannya”
“bon pembelian ada di kamar kosan gue, kuncinya gue yang pegang”
(gue mikir, itu HP temennya kenapa bonnya ada di kosan dia, ee penipu goblok)
gue tambah sudutin dia,
“klo lo emang niatan mau ngebuktiin itu HP gue, kenapa ga lo bawa bonnya sebelum lo fitnah gue?”
#&%#%*##* <- (gue lupa dia jawab apa, yang jelas kata2nya nambah ngawur)
oke, posisi dia skrg udah ga bisa ngapa-ngapain… skakmat!!!
terus dia tiba-tiba sok sakit asma… asmanya kumat… padahal naik motor ga pake jaket dari Slipi ke citos…
setelah introgasi yang panjang dan menyudutkan dia, dia pun dibawa ke kantor bokap gue Lembaga Sandi Negara, disana dia diintrogasi lagi sama Adin dengan sedikit lebih keras agar dia jujur, cuma tampar aja sih, ga ada apa2nya klu dibanding dikeroyok warga.
dia sedih gt, dengan asmanya itu minta dikasianin…
tapi gue udah tau klu itu cuma akting….
23072009335 Modus Penipuan Mekanisme COD
kakak gue nanya, “itu surat yang lo kasih ke ade gue buat apa? DAN DARI MANA? lo punya kenalan polisi?”
“ngga, tadi saya kasih surat itu cuma mau liat ekspresi dia”
“jadi itu palsu???”
“iya saya yang ngetik biasa”
bokap gue ngomong, “sekarang lo mau apa? lo udah mencemarkan nama baik anak gue dan lo udah buat gue capek”
“iya saya minta maaf pak”
tapi semua ga ada yang maafin karena jelas-jelas dia bukan pemain baru di dunia kriminal…
“lo hari ini ditahan di kantor”
“ngga pak, ampun, saya harus kerja”
bla bla bla… dia merengek2 kaya manohara. tapi hati gue udah keras saat itu, gue anti sama yg namanya maling/penipu dan sebagainya…
bokap dan kakak gue nanya ke gue,
“jadi gimana keputusan embi, maunya diapain ini orang?”
“ya kasih ke polisi lah pah, din!”
“bisa, tapi kamu juga harus siap bolak balik dan E63 kamu ditahan sm polisi bisa lama juga.. gimana?”
“saya janji akan beli HP mu de akhir bulan, saya mohon” <- tu arab memelas “tapi pa, klu ni orang lepas apa jaminan dia ga bakal nipu lagi, atau ntar dia dendam n buat rencana baru” terus salah satu anak buah bokap jawab, “kamu ga usah takut bi, org ini ga bakal kemana-mana, ada apa2 udah bisa kelacak” “plis de, saya janji beli”, arab pun tetap memohon-mohon “ya udah gue tunggu lo beli, tapi BB, motor, dan laptop lo gue tahan!” “jangan de, saya butuh laptop buat kerja, buat nyari uang, saya IT, saya desainer web, plis de”
(gue pun pusing…)
akhirnya keputusannya, BB Bold, motornya dan kartu2 identitas dia semua ditahan sama pihak gue…
setelah disita, gue dan lain-lain capek n akhirnya pulang
tu arab udah janji besok mau dateng ngambil motor & BB dan ngebeli 2 E63 gue sekaligus…
kita liat aja besok? apa dia masih punya nyali utk ngambil…
oke gue pulang… gue diceramahin sedikit oleh bokap gue yang melarang gue utk COD-an dan meminimalisir bisnis gue dulu…
gue iya-iya aja…
sampe rumah gue dapet SMS dari tu arab yang mohon2 ampun sama gue…
gue cuekin….
terus sebelum nulis blog ini,
gue coba2 utak-atik BB Boldnya dan sedikit tersenyum…
“oh BB colongan dari orang Cina” karena YMnya sign in ke orang cina, dan contact numbernya juga rata2 cina…
video orangnya aja di TKP http://embispot.blogspot.com hati-hati klu janjian dengan orang tsb.
saran buat KASKUSer atau para penjual :
-bon pembelian jangan sampe hilang
-jangan mau ditipu dengan modus seperti yang gue ceritain diatas
ID KASKUS yang memperjuangin keadilan saat itu: Myhard <- (ternyata temennya bokap hehehe)
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2207460
Lalu pelajaran moral apa yang dapat kita ambil dari pengalaman bro embikus diatas ?
imam77 mencoba mengumpulkan tips dan trik bagi anda untuk mencegah hal hal yang tidak kita inginkan bersama ketika berlangsungnya COD :
  1. pilihlah tempat umum yang netral sebagai lokasi COD, bisa di mall, food court, restoran dsb
  2. ajak minimal 1 teman untuk mendampingi anda ketika COD, lebih banyak akan lebih baik
  3. pilihlah waktu senggang diantara kedua belah pihak agar nantinya tidak terburu buru ketika bertransaksi
  4. ketika cek kondisi barang dan kelengkapan, periksalah dengan seksama, bertanyalah kepada seller tentang apa yang tidak anda ketahui mengenai barang tersebut, apa kelemahannya, apakah ada personal warranty dari seller dsb
  5. jika memungkinkan, hindari bertransaksi dengan menggunakan uang tunai, bayarlah melalui ATM atau mBanking. selain tercatat, hal ini bertujuan untuk mencegah kemungkinan kemungkinan yang akan terjadi atas uang tunai yang dibawa
sebagai penutup, bertransaksilah dengan aman dan nyaman

NAH ITU DIA CERITA DARI SEBAGIAN ORANG YANG TERKENA MASALAH COD !!
dan ane pun langsung gak mau ambil resiko , hari ini , semua barang dagangan ane ,ane gak terima COD'n gan , takut di Jebak atau kena modus kriminalitas dll !!!
(jadi mohon di maklumi ya)
Tapi ane Berdagan Jujur gan !!!
Nih Lapak ane :

Jual 160 contoh aplikasi Database PHP,VB, dan VB.NET :235ribu !!

Jual MEGA SKRIPSI SEMUA JURUSAN DENGAN HARGA 165.000

Teknologi Brainwave adalah Teknik RAHASIA yg telah dibuktikan ratusan org secara RAHASIA bagaimana MEMPENGARUHI PIKIRAN ORANG LAIN JARAK JAUH "Dengan teknik ini anda akan mampu membuat orang lain mengikuti keinginan anda."
Harga : 300rb

(harga yang tak sebanding jika anda berhasil melakukan tekhnik ini)
Ayo di beli , sebelum kehabisan !!!(stok tinggal 8 buah dvd)

ANE DAGANG JUJUR GAN , GAK PAKE NIPU , nih Buat Bukti !!

http://2.bp.blogspot.com/_CDD5UDN09OE/TPhM8_mmQQI/AAAAAAAAABQ/Fk0GQgPlf9E/s1600/ResiJNE2010.jpg

0 komentar:

Posting Komentar

 
Welcome To The Official BlogSp*t ''WAC " By:Senz INSIDE.